BootRacer (Ukur waktu booting Windows ANDA)

BootRacer (Ukur waktu booting Windows ANDA)

Apakah anda tahu berapa lama waktu yang diperlukan windows untuk booting? Bagi yang ingin tahu, kini dengan software kecil, BootRacer, kita bisa mengetahui berapa lama waktu yang diperlukan windows sampai komputer tersebut siap pakai. Dengan mengetahui kecepatan booting, akan sangat membantu untuk mengoptimasi agar booting lebih cepat
 
Aplikasi ini cukup sederhana dan mudah digunakan, fungsi utamanya menghitung berapa detik proses
windows mulai aktif sampai tampilan desktop muncul dan siap kita gunakan. Jika waktu yang diperlukan kurang dari satu menit, maka akan mendapatkan rating “Excellent”, jika lebih dari itu, mungkin perlu di optimasi agar prosesnya lebih cepat.

Penggunaan dan Penjelasan Hasil BootRacer

Untuk menggunakan aplikasi ini, silahkan download dari link yang disediakan dibawah (sekitar 2 MB saja), kemudian install ( jika yang di download dalam zip, extract atau keluarkan aplikasi yang ada didalam zip tersebut, kemudian install ). Setelah selesai di install, jalankan aplikasi dan klik start untuk me-restart komputer dan proses penghitungan waktu booting bisa dilakukan. Restart juga bisa dilakukan secara manual.

Ketika komputer aktif kembali, maka BootRacer akan mulai menghitung waktu booting sampai tampilan desktop muncul dan siap pakai. Penjelasan beberapa hasilnya sebagai berikut :
  • Time to Logon, waktu dalam detik yang diperlukan mulai dari titik awal windows aktif, sampai muncul tampilan login windows atau Welcome Screen
  • Logon timeout, waktu dalam detik dari “Time to Logon” sampai pengguna berhasil login (waktu pengguna memasukkan password). Jika tidak muncul tampilan memasukkan password, maka nilainya nol
  • Logon to Desktop, waktu yang diperlukan setelah pengguna berhasil login sampai muncul tampilan desktop (termasuk start menu dan icon-icon di layar) yang siap pakai.
  • Total time to dekstop = Time to Logon + Logon to desktop
Kita dapat melihat hasilnya setiap menyalakan komputer atau windows restart. Setiap hasil yang ditampilkan disimpan dan dapat dilihat melalui tombol Show History, dapat juga disimpan dalam format lain seperti HTML, XLS, DOC atau CSV. Sebagai tambahan informasi, tombol Speed up PC akan membuka website yang mengarahkan ke aplikasi lainnya. Kita dapat mengatur beberapa opsi lainnya melalui menu Options.

Untuk mengetahui waktu booting windows, BootRacer memang sangat membantu, apalagi dengan ukuran yang kecil, installasi yang mudah dan penggunaan Memory (RAM) yang juga kecil. Tetapi ada satu hal yang belum ada, yaitu detail proses (atau aplikasi) yang dijalankan windows sampai muncul tampilan desktop, hal ini untuk mengetahui aplikasi mana yang menggunakan waktu lama.

BootRacer dapat di install di Windows 2000/Xp/2003/Vista/2008/seven baik 32 bit maupun 64 bit, dan hanya memerlukan ruang hardisk sekitar 6 MB saja. Download BootRacer (1.9 MB) bootracer_free.zip ( alternatif download link : bootracer_free.zip )
  • Title : BootRacer (Ukur waktu booting Windows ANDA)
  • Labels :
  • Author :
  • Rating: 100% based on 10 ratings. 5 user reviews.
  •