10 Tips Surfing Internet Dengan AMAN

10 Tips Surfing Internet Dengan AMAN

Wah, ngga terasa udah hari kamis. Planning pasti udah banyak di benak anda sekarang ini. yang mengajak pacar jalan jalan, ataupun nonton movie di bioskopC21.

Yah, bagi yang Jomblovers. pasti nya nangkring di dunia MAYA ataupun nangkring di kedai. kumpul bareng kawan kawan.
Saya hanya berbagi Tips untuk yang jomblovers sering surfi
ng ke dunia Maya. [Masa surfing ke Pantai??]

Dalam zaman serba MODERNISASI ini. semua harus serba berkecukupan. mulai dari bahan pangan, sampai yang nge-TREND saat Ini. yaitu INTERNET.
dalam dunia MAYA, Internet bisa jadi LADANG USAHA. berinteraksi dengan teman secara online, dsb.
tapi, ada baiknya kita patut waspada terhadap HACKING/HACKER yang mengancam setiap saat pada saat ONLINE di dunia maya.
Berikut Tips Untuk anda agar terjaga saat anda ONLINE.


  • Pasang program ANTIVIRUS:

    Untuk program antivirus ini sangatlah penting, karena bisa melindungi anda surfing di dunia maya dengan aman. apabila antivirus itu di lengkapi persenjataan seperti firewall yang selalu update dan database engine antivirus tersebut selalu melakukan update secara otomatis, maka anda pun akan aman setiap saat di dunia maya.


  • Update antivirus secara berkala:

    Kalau ini juga penting. jikalau anda punya antivirus tapi tidak selalu update atau minimal untuk melakukan update database engine virus database nya 1 bulan sekali, komputer anda akan di pastikan terserang VIRUS, MALWARE, SPYWARE, bahkan ADWARE ! jadi, lakukanlah update 1 hari sekali. seperti Antivirus ESET smart security 4. selalu update database secara otomatis tanpa di Command.
  • Link Unknown [Tidak di kenal]

    Biasanya kalau hacker mengirim LINK UNKNOWN atau link yang berisi virus ataupun SPYWARE yang bertujuan merusak data anda dan mengambil informasi yang ada di komputer anda. Jadi, kalau anda menerima link UNKNOWN. lebih baik di ABAIKAN saja. bahkan dari kawan anda sekalipun.
    lebih baik berjaga jaga.
  • Link E-Mail SPAM yang berisi keterangan tidak jelas !

    Anda sering ONLINE kah? sering buka E-Mail pastinya untuk menkonfirmasi supaya teraktifasi ke suatu tujuan website tertentu. Jangan asal klik LINK yang ada di E-Mail anda, bisa saja itu link yang bersifat menjerumuskan atau link yang berisi spyware. Jika anda menerima Link tanpa keterangan jelas setelah di ATTACH. pastikan link tersebut dengan aplikasi plugin yang terdapat di browser anda, seperti WOT.
  • Browser yang aman adalah Kunci nya.

    Tanpa browser, surfing di internet anda menggunakan apa?? Suatu browser di lengkapi dengan plugin's dan security yang lumayan tangguh. apalagi jika melakukan update browser secara berkala. maka browser anda seperti mempunyai antibody yang kuat untuk menangkal virus atau malware.
    kunci dari browser hanya 1, yaitu firewall.
  • Layanan Gratis. kadang punya spyware dan adware yang bersifat merusak !

    Siapa sih yang tidak tergiur dengan layanan atau program atau apapun yang sifatnya adalah gratis "Free". Tapi ada sebuah pengalaman, ada sebuah link "Free Cursors" dan setelah mengklik ternyata yang terjadi adalah komputer menjadi hank. Lain lagi ada sebuah link yang memberikan ringtone gratis untuk HP anda, namun begitu anda klik... Pulsa anda terpotong secara bertahap. Gratis..!!! Pikir-pikir dulu.
  • Informasi Pribadi. jangan beritahu siapa siapa !

    Biasanya Informasi yang bersifat PRIVATE, hanya anda sendiri yang tau. jadi, jika anda mendaftarkan diri ke website. lebih baik simpan informasi anda baik baik, dan jika admin yang di website tempat anda mendaftarkan diri meminta email password yahoo atau google account. lebih baik di laporkan saja sebagai SPAM.
  • Password Case adalah kunci informasi pribadi anda !

    Gunakan password berbeda setiap anda mendaftarkan diri ke website manapun. tapi anda harus ingat,
    password yang anda tulis dan mudah untuk di ingat. serta singkat tapi susah. jika anda membuat password, pastikan karakter sulit sepert "@" ataupun "%" ataupun yang lain untuk menguatkan Case SENSITIV PASSOWRD anda.
  • Informasi Pribadi adalah harga mahal jangan beritau kepada orang tanpa jaminan.

    Bicara tentang Informasi pribadi, lebih baik di simpan. dan jangan sebarkan informasi sensitif anda kepada kawan anda, bahkan kawan terdekat anda. Ketika anda mengirimkan informasi penting melalui online, maka perjalanan menuju ke alamat sebenarmya amatlah panjang. Jangan dikira informasi kita aman dan tidak akan diketahui oleh orang lain, karena penyadap bisa saja mengubah informasi tadi sebelum sampai ketujuan akhir. Saat ini anda bisa menggunakan halaman yang aman (biasanya dimulai dengan https:// dan browser menampilkan tanda gembok) maka informasi anda akan dienkripsi.
  • Kartu KREDIT.

    Gunakan kartu kredit untuk belanja ONLINE. jangan menggunakan Akun Belanja online secara CEK.
    Karena sangat tidak memungkinkan kita membayar melalui cek atau bahkan cash. Ada juga cara lain yakni menggunakan layanan online juga untuk mewakili pembayaran kita, sebagai contoh menggunakan Paypal. Dengan begitu anda tidak lagi pusing memikirkan keamanan dan kenyamanan anda berbelanja.
Itulah sedikit INFO dari saya. Jika ingin membagi INFO ini, jangan lupa cantumkan sumber SOURCE nya yah !
  • Title : 10 Tips Surfing Internet Dengan AMAN
  • Labels :
  • Author :
  • Rating: 100% based on 10 ratings. 5 user reviews.
  • 0 Comment :

    Posting Komentar