Diagnosa Komputer Tiba Tiba Mati [Bengkel Komputer Update-Cyber_Newby]

Diagnosa Komputer Tiba Tiba Mati [Bengkel Komputer Update-Cyber_Newby]

Ini pengalaman Saya yang pertama, Komputer Tiba Tiba mati saat Gaming. Bagaimana tidak panik, soalnya lagi asik asik nya gaming, Komputer langsung mati mendadak.

Artikel PC


Langsung saya Buka Case Samping CPU Dan saya diagnosa Komputer saya. Untuk yang baru pertama kali mengalami kejadian serupa seperti saya ini, wajib mengikuti tips yang saya berikan ini. di jamin, komputer anda 98 % langsung kembali. tapi tidak semua, karena sebagian besar komputer ngeblank di sebabkan kinerja Hardware yang sudah di makan usia, dan ingin minta di update komponent nya.

Pernah kemarin, eh. Setau saya minggu kemarin atau 2 minggu kemarin saya pernah nge-postingkan sesuatu yang berhubungan dengan Kinerja PC yang tidak stabil.
Berikut list yang pernah saya posting berdasarkan pengalaman saya yang pernah terjadi pada komputer pribadi.
Nah, itu yang pernah saya posting. sekarang langsung ke To The point.
Biasanya PC yang tiba tiba nge blank di sebabkan Komponent komponent yang tidak seimbang, dan perlu di ganti. Maksud nya tidak seimbang, bukan berarti di timbang. Bukan. Tidak seimbang maksud nya, Komponent yang di dalam CPU Berkelas tinggi, namun tidak di suplly oleh Power yang tidak sebanding.

Diagnosa Pertama.


Monitor
*. Kalau ngeblank, tapi CPU tetap menyala. pastikan kabel VGA Ke LCD Monitor terpasang dengan baik. caranya, cabut dahulu Kabel monitor dari CPU ke monitor, lepas lalu pasang kembali. apabila muncul sign Data cable connected, no signal detected. berarti permasalahan terletak pada komputer


Permasalahan nya kita diagnosa dulu PSU[power supply]
*. Buka Case samping CPU, nyalakan power CPU dan lihat lampu indikator Motherboard. apabila menyala, masalah tidak ada di motherboard. Dan lihat kembali Fan Processor, apabila Berputar maka masalah tidak terletak di situ.
berarti kemungkinan besar terletak pada Power supply nya.

Untuk Postingan power supply akan di bahas pada postingan selanjut nya. jadi tunggu saja !

Buka semua Komponent CPU
*. Cara ini di sarankan apabila Kita di dampingi oleh ahli nya.
Buka semua Komponent Hardware CPU, atau Re Rakit CPU kamu seperti lepas Komponent Processor, VGA, RAM, Harddisk Dan komponent lain. Bersihkan dengan Semprot air decompressor. maksud nya air decompressor adalah dengan semprotan angin dengan tekanan kuat. Jangan menggunakan Kuas dengan tekanan kuat sehingga mengenai filamen kuningan Komponent yang akan membuat komponent semakin rusak.
Rakit kembali, lalu nyalakan CPU nya.
dan hasil nya sebagai berikut:

  • Komputer bisa menyala, masuk tampilan BIOS namun belum bisa booting karena harddisk belum terpasang. maka permasalahan sudah hampir selesai 80%. pasang lah harddisk nya dan kembali Boot. apabila booting berhasil, maka komputer sudah berjalan sempurna.
  • Ada Bunyi BEEP, 1x yang panjang, atau 1x 5x bunyi beep. masalah terletak pada RAM/VGA. cabut VGA/RAM dan ganti ke yang masih layak pakai [baru]
  • komputer tidak menyala, tidak ada suara bunyi BEEP. silahkan cabut Battery BIOS. pasang kembali dan Ganti RAM/VGA ke yang baru. dan nyalakan kembali. apabila berhasil, masalah sudah selesai.
  • RAM/VGA Di ganti, namun komputer masih tetap mati. Coba check Lampu indikator motherboard atau processor. apabila lampu motherboard menyala namun tetap tidak bisa booting, pinjam processor teman atau beli processor baru. silahkan pasang kembali. apabila menyala, maka masalah sudah selesai 97%.
  • Komputer Tetap Kosong, walau semua udah di ganti. masalah ini terletak pada motherboard nya. ini di sebabkan oleh Circuit pendek arus listrik yang labil. biasanya keadaan seperti ini di sebabkan oleh faktor PLN sendiri. di sarankan untuk perkampungan atau daerah yang jauh dari hiruk pikuk kota, membeli komputer harus di sarankan memakau stabilizer dan UPS agar ketika circuit pendek arus listrik/Mati listrik, komponent yang terletak di dalam CPU Tidak langsung terkena transistor listrik yang mendadak.
Cukup rumit bukan ?? Apabila ada kata kata yang tidak di mengerti. silahkan write Comment nya di bawah Ini.

Solve bersama. karena saya pernah mengalami nya seperti ini. kesalahan nya terletak pada komponent power supply yang kurang memadai.
Oke, that's all about Diagnosa Komputer Tiba Tiba Mati [Bengkel Komputer Update-Cyber_Newby] Kritik saran yang membangun, saya terima dengan senang hati. semoga artikel ini dapat membantu anda mengatasi masalah PC yang sedang anda alami. terima kasih !
  • Title : Diagnosa Komputer Tiba Tiba Mati [Bengkel Komputer Update-Cyber_Newby]
  • Labels :
  • Author :
  • Rating: 100% based on 10 ratings. 5 user reviews.
  • 2 Comment :

    1. malam.pc saya memakai satbilizer dan ups, nah baterai ups sudah mati lalu saya coba ganti dengan aki motor supra x 125 12v 3.5aH. ups berhasil hidup tapi esoknya pc seperti benar2 mati psunya. lalu saya ganti psu baru mati juga. saya curiga sama aki kering di UPS, saya cabut UPS itu, lalu saya ganti PSU baru eh malah mati juga. sebelumnya PC normal2 saja 2 tahun ini dengan PSU advcance 450 watt dan gantinya juga pake merk itu juga. mohon bantuan apa penyebabnya? kecurigaan saya pada mobo yang terlanjut korslet, benarkah? dan apa bisa diperbaiki? trimakasih atas jawabannya.

      BalasHapus
      Balasan
      1. Maaf saya telat membalas komentar dari anda.
        karena saya sudah jarang nge blogging.
        untuk solusi seperti itu, Kestabilan antara UPS dan AKI Motor pada PSU Komputer anda kurang stabil, atau overvoltage. sehingga komponen di dalam komputer anda memiliki voltase yang di tetapkan oleh standar produsen.

        apabila anda melakukan ini di kemudian hari, saya bisa pastikan akan adanya komponen dan filamen di dalam komputer anda yang overheat atau bisa terbakar akibat ketidak stabilan. dan, apabila anda mempunyai Hardware baru, saya sangat sarankan agar mengganti PSU yang Pure 500W Untuk membuat kestabilan hardware panjang umur.

        untuk jelas nya atau ada yang kurang mengerti, silahkan anda reply balasan saya. trims.

        .:: dan mohon tidak SPAM/SARA ::.

        Hapus